Site Overlay

Kunjungan Mahasiswa Mata Kuliah PBPAL Kelas D ke IPAL ITERA

Penulis: Muhammad Rafi Anan (TL 2019)

Penyunting: Tim Humas/MF

Lampung Selatan, 19 November 2021 – Mata Kuliah Perencanaan Bangunan Pengolahan Air Limbah (PBPAL) melaksanakan kegiatan perkuliahan secara luar jaringan (luring) di Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) ITERA sebagai lanjutan materi serta praktik langsung ke lapangan. Melalui kegiatan ini sebanyak puluhan mahasiswa yang tergabung pada kelas PBPAL D mengikuti kegiatan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Melalui kegiatan kunjungan ini, mahasiswa dapat mengetahui secara langsung bentuk IPAL pada umumnya dan mekanisme kerja dari suatu unit bangunan pengolahan air limbah. Selain itu, selama kegiatan berlangsung mahasiswa juga berkesempatan memahami langkah-langkah pengolahan air limbah sesuai kebutuhannya dalam hal ini mencakup air limbah hasil buangan asrama ITERA.

Tujuan dilaksanakan kegiatan perkuliahan ini tentunya sebagai peningkatan wawasan terkait instalasi pengolahan air limbah dan mengulik rasa penasaran mahasiswa yang jarang melihat IPAL secara langsung. Bapak Andika Munandar, S.Si., M.Eng sebagai dosen pengawas selama kegiatanjuga menjelaskan tahapan-tahapan air limbah masuk pertama kali ke IPAL hingga keluar menuju badan air sekitar IPAL tersebut.

Setelah terlaksananya kegiatan ini diharapkan mahasiswa mampu menganalisis dan memahami bagaimana bentuk IPAL yang sesuai, serta cara kerja IPAL. Selain itu, mahasiswa mampu memahami pemilihan alternatif pengolahan yang sekiranya diperlukan pada IPAL sesuai kegiatan yang menghasilkan air limbah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *