Site Overlay

Membangun Jiwa Technopreneurship dalam Bidang Teknik Lingkungan

Penulis: Putri Mei Gangga Hakim (TL 2019)

Penyunting: Tim Humas/ MF

Kamis, 18 November 2021 telah dilaksanakan Studium Generale (SG) Prodi Teknik Lingkungan dengan tema “Membangun Jiwa Technopreneurship dalam Bidang Teknik Lingkungan”. Pada SG yang diselenggarakan, pembicara yang diundang merupakan pembicara pada bidang teknologi serta bidang Teknik Lingkungan yaitu Pak Rachmad Ardhianto, S.T., M.T., selaku Owner Product Technology ECOTIRTAN. SG diadakan di zoom meeting mulai pada pukul 10.00 hingga 11.30 WIB.

Kegiatan SG diawali oleh pembukaan dengan menyapa peserta dan dilanjut dengan sambutan oleh Sekretaris Program Studi Teknik Lingkungan, Pak Alfian Zurfi, S.T., M.Si. Setelah diberikan sambutan Sekretaris Program Studi Teknik Lingkungan, Pak Alfian, selanjutnya moderator yaitu Putri Mei Gangga Hakim, mahasiswa Teknik Lingkungan 2019, memperkenalkan pembicara dengan membacakan Curriculum Vitae (CV) secara singkat.

Sebelum disampaikannya materi, moderator bertanya mengenai produk dari PT. Ecoatec Patirtan Esacipta yang didirikan oleh Rachmad Ardhianto, S.T., M.T. yaitu ECOTIRTAN Electrocoagulation Modular, ECOTIRTAN Electrooxidation. Lalu Pak Rachmad menjelaskan materi sesuai dengan tema SG diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Lingkungan yaitu Membangun Jiwa Technopreneurship dalam Bidang Teknik Lingkungan.

Secara garis besar materi yang dijelaskan berisi mengenai bagaimana menjadi wirausahawan khususnya pada bidang teknologi.  Mahasiswa Teknik Lingkungan yang nantinya akan lulus dengan ilmu yang sudah didapat harus memiliki keberanian untuk memulai wirausaha khususnya pada bidang teknologi berbasis ilmu Teknik Lingkungan. Selain itu, Pak Rachmad, memperkenalkan PT. Ecoatec Patirtan Esacipta serta produk yang dihasilkan kepada mahasiswa peserta sebagai contoh dari Technopreneurship pada bidang Teknik Lingkungan.

Setelah berlangsungnya sesi pemaparan materi, selanjutnya dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan pemateri. Terdapat beberapa peserta yang menanyakan terkait teknologi yang digunakan pada PT. Ecoatec Patirtan Esacipta yang didirikan oleh Pak Rachmad ataupun seluk beluk perusahaan tersebut. Kegiatan SG pun diakhiri dengan closing statement oleh Pak Rachmad dan ditutup oleh moderator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *