Site Overlay

Penanaman Pohon dalam Rangka Memperingati Hari Hutan Sedunia

Penanaman Pohon dalam Rangka Memperingati Hari Hutan Sedunia Teknik Lingkungan ITERA

foto tl

Pohon merupakan salah satu sumber kehidupan bagi makhuk hidup . Terutama peran pohon dalam kegiatan memenuhi kebutuhan hidup, seperti peranan pohon dalam beberapa bidang, misalnya bidang Industri seperti Pangan, dsb, yang akhirnya kegiatan tersebut dilakukan secara terus menerus.

Penggunaan pohon yang berlebihan memberi dampak buruk untuk lingkungan, karena tidak dilakukan tindakan seperti regenerasi, penghijauan, atau kegiatan yang bersifat mengembalikan kondisi lingkungan kedalam kondisi yang baik. Manfaat Penanaman Pohon sendiri bertujuan untuk melestarikan juga dalam rangka pergerakan menuju keadaan lingkungan yang lebih baik.

Oleh karena itu, Mahasiswa Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sumatera mengadakan program penghijauan binaan civitas akademika ITERA. Program ini, merupakan program menuju ITERA Forest Campus. Dengan harapan program ini dapat dilaksanakan dengan baik dan berjalan dengan lancar.

Tujuan diadakan acara penanaman pohon di lahan ITERA selain untuk memperingati Hari Hutan Sedunia, yaitu Mewujudkan ITERA Forest Campus,juga dalam rangka melaksanakan beberapa rangkaian acara dari dies natalis Teknik Lingkungan ITERA, mengurangi pemanasan global, melestarikan reboisasi (penanaman kembali), dan yang terpenting menyadarkan mahasiswa akan pentingnya menjaga dan melestarikan alam.

Kegiatan Penanaman Pohon ini adalah salah satu program yang akan dilaksanakan setiap penyelenggaraan menyambut Dies Natalis Teknik Lingkungan ITERA setiap tahun. Untuk melaksanakan kegiatan ini, mahasiswa Teknik Lingkungan ITERA berkesempatan menanam bibit yang dilakukan pada hari sabtu 24 maret 2018.

Pohon yang digunakan adalah pohon akasia, dengan harapan semua mahasiswa melakukan perawatan berkelanjutan hingga pohon tersebut berkembang dan berperan baik dalam lingkungan.
Jumlah pohon Akasia yang berhasil ditanam berjumlah 200 bibit dan menggunakan pupuk 20 karung. Setiap jarak antar pohon adalah 5m dan kedalaman penanaman kurang – lebih 10 cm, karena untuk memaksimalkan pertumbuhan pohon tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 . All Rights Reserved. | Catch Vogue by Catch Themes