Site Overlay

Bukan Tugas Akhir Biasa

Ditulis oleh: Disya Alliya Khaerunisa Subarja (TL ITERA Angkatan 2018)

Bagaimana cara mencari ide penelitian yang menarik?

Sebelum kita mencari ide penelitian, lebih baik kita mendalami penelitian itu apa. Kita harus mengulik dahulu penelitian itu sebenarnya apa. Jika kita sudah memahami penelitian itu apa, maka kita lebih mudah mencari ide terkait penelitian tersebut. Penelitian itu pada dasarnya adalah problem solving atau pemecahan masalah. Jadi tujuan dari penelitian itu adalah memecahkan suatu permasalahan yang ada dalam kehidupan.

Bagaimana cara kita memiliki ide penelitian?

Jika kita ingin memiliki ide penelitian yang menarik kita harus mencari masalah yang menarik pula yang terkait dengan teknologi dan keilmuan kita. Berikut adalah tips menggali ide penelitian :

  • Cari masalah → Ketika kita memiliki ide penelitian yang menarik kita telah memecahkan masalah terkait pencarian ide penelitian.
  • Brain Storming → Bisa dilakukan berbagai cara misalnya berdiskusi dengan dosen,para ahli,dan juga teman teman terkait masalah tersebut. Bagaimana pandangan mereka tentang masalah tersebut,menarik perhatian mereka atau tidak. Jika orang lain menggangap masalah yang kita temukan cukup menarik maka terbukti bahwa ide penelitian kita berhasil menarik perhatian orang lain. Kita juga perlu pandangan dari orang lain terkait masalah tersebut.
  • Proporsional → Kita harus mulai menentukan hal hal yang lebih proporsional agar ide penelitian kita tidak terlalu luas dan terlalu sempit. Karena jika terlalu luas maka yang terjadi adalah kita membutuhkan waktu yang lama,dana yang besar dan penelitian tersebut menjadi tidak searah karena penelitian nya terlalu luas. Namun tidak baik juga jika terlalu sempit,karena nanti data yang akan kita peroleh sangat sedikit sekali dan itu akan menjadi keterbatasan. Sebab itu kita harus merancang ide penelitian secara proporsional.
  • Novel → Kita harus memastikan ide penelitian kita itu bersifat novel atau memiliki keterbaruan, jika ide penelitian kita telah dilakukan oleh orang lain maka kita tidak perlu melakukan penelitian tersebut karena kita cukup membaca saja hasil penelitian nya. Usahakan sebisa mungkin penelitian yang kita lakukan memiliki sifat keterbaruan

Untuk skripsi sebisa mungkin ide penelitian nya berbeda dari penelitian sebelumnya,dalam arti memiliki inovasi yang baru didalam nya. Untuk mengetahui penelitian kita terbarukan atau tidak perlu dilakukan studi literature atau mencari referensi referensi terkait ide yang kita pilih. Dari kekurangan dalam penelitian orang lain kita harus memiliki inovasi yang baru. Untuk melakukan studi literatur ada beberapa situs yang dapat membantu yaitu :

  • Google Scholar (https://scholar.google.com) → Akses gratis namun ketika kita menggunakan data base ini artikel artikel disana tidak bisa terjamin sumber sumbernya kredibel atau tidak. Karena sumber kredibel dan tidak kredibel tetap bisa masuk ke Google Scholar.
  • Scopus → Scopus merupakan data base penelitian yang memiliki kredibelitas yang cukup tinggi karena artikel artikel yang ada disana sudah mereka pilah dan sudah di saring hingga referensi-referensi yang ada disana memiliki kredibilitas yang tinggi.
  • Web of Science (https://www.webofknowledge.com) → Situs ini memiliki kredibilitas yang sangat tinggi,referensi yang mereka sajikan memiliki kredibilitas diatas rata rata dalam arti hanya artikel artikel dengan kualifikasi tertentu yang mereka sediakan. Namun data base ini tidak bisa kita akses secara gratis atau harus langganan.

Selain pada situs tersebut kita juga bia mencari referensi dari publisher langsung,ketika kita mencari secara spesifik pada publisher tersebut maka hanya akan muncul artikel artikel yang dikeluarkan oleh publisher tersebut. Berikut adalah publisher besar saat ini :

Kita juga bisa melakukan journal search terkait ide penelitian kita. Ketika kita melakukan journal search maka referensi yang kita peroleh menjadi spesifik. Setelah kita mendapatakan ide dan referensi kita harus kelola agar kita bisa membuat kerangka penelitian. Jika tidak kita kelola kita akan kebingungan. Mengelola referensi bisa menggunakan manual maupun menggunakan aplikasi. Berikut merupakan bagan kerangka penelitian :

Pada dasarnya hasil dan pembahasan adalah lanjutan apa yang kita lakukan pada saat penelitian. Disini di uji apakah penelitian yang kita lakukan mampu menjawab atau menyelesaikan masalah yang telah kita sampaikan di pendahuluan. Secara sederhana hasil pembahasan dan kesimpulan memiliki keterikatan satu dengan yang lain. Dimana hasil menjawab pertanyaan apa yang kita temukan pada saat proses penelitian. Setelah mendapatkan data kita harus menguraikan atau menjelaskan agar memiliki informasi yang dapat menjawab permasalahan tersebut.

Tulisan ini merupakan rangkuman dari kegiatan Studium Generale Prodi Teknik Lingkungan dengan tema “Bukan Tugas Akhir Biasa” oleh Dr. Tarmizi Taher, S.Si (Hirosaki University, Jepang) dan Dr. Adri Huda, S.Si (Worcester Polytechnic Institute, USA).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2020 . All Rights Reserved. | Catch Vogue by Catch Themes