Site Overlay

Sudah Saatnya Mahasiswa ITERA Peduli terhadap Permasalahan Sampah di Lingkungan Kampus

Oleh: Ahlan Firdaus (TL ITERA 2018)

Semakin berkembangnya zaman, semakin maju teknologi yang dimiliki manusia dan semakin banyak pula permasalahan yang akan dihadapi. Salah satu dari sekian banyaknya permasalahan yang dihadapi adalah sampah. Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah terbagi menjadi dua, yaitu sampah organilk dan anorganik. Sampah organik merupakan sampah yang dapat hancur dan terurai sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang susah terurai. Contoh sampah organik adalah sisa-sisa makanan dan anorganik adalah plastik. Butuh puluhan hingga ratusan tahun agar sampah plastik bisa terurai dengan sendirinya.

Hingga saat ini sampah menjadi permasalahan nomor satu yang dihadapi Indonesia. Sudah banyak upaya pemerintah untuk menanggulangi permasalahan sampah yang ada. Namun, masih kurang berdampak terhadap penyelesaiannya. Hal tersebut disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat dengan permasalahan sampah. Sebelum membahas lebih jauh mengenai permasalahan sampah dalam skala nasional, mari kita telaah permasalahan sampah yang terjadi di sekitar kita. Di Lampung Selatan sendiri, tepatnya di Institut Teknologi Sumatera masih memiliki permasalahan sampah. Diketahui bahwa sumber sampah di ITERA adalah kantin dan galeri. Setiap hari dihasilkan banyak sampah di kantin Rumah Kayu (RK) maupun di kantin BKL.

Setelah dilakukan pengamatan terhadap keaadaan sekitar, masih belum ditemukan pembuangan khusus berlabel organik atau anorganik di BKL maupun RK. Di kantin BKL, tempat sampah yang di sediakan masih sedikit. Hal ini membuat mahasiswa meninggalkan sampah di atas meja kantin BKL. Sedangkan di RK hanya terdapat beberapa drum tempat pembuangan sampah yang disediakan. Oleh karna itu, mahasiswa cukup kebingungan dalam membuang sampah organik. Karena sepertinya drum drum tersebut di khususkan untuk sampah anorganik.

Setelah membahas mengenai kurangnya tempat pembuanagan sampah di kantin ITERA, mari kita beralih ke salah satu tempat yang ada di ITERA yaitu lapangan bola. Lapangan bola sering menjadi tempat kegiatan atau acara sehingga membuat tempat tersebut menjadi tempat yang seharusnya bersih. Namun, masih terdapat banyak sampah yang berserakan. Sampah yang paling banyak adalah botol plastik. Selain karena kurangnya kesadaran mahsiswa ITERA mengenai sampah, minimnya tempat pembuangan sampah juga menjadi salah satu penyebab sampah yang berserakan. Hal tersebut sangat disayangkan karena lapangan bola sendiri merupakan fasilitas kampus ITERA yang seharusnya kita jaga bersama.

Dari masalah tentang kurangnya tempat pembuangan sampah yang ada di ITERA, siapakah sebenarnya yang harus di salahkan? Apakah kita sebagai mahasiswa, khususnya Program Studi Teknik Lingkungan harus diam saja dengan kurangnya fasilitas tempat sampah tersebut? Apakah dengan diam tidak ada tindakan yang dapat dilakukan untuk menanggulangi permasalahan sampah yang ada? Sebenarnya selain kurangnya fasilitas tersebut, kesadaran dan kepedulian mahasiswa juga harus ditingkatkan.

Oleh sebab itu, kita sebagai mahasiswa harus befikir maju dan kritis terhadap permasalahan yang terjadi di sekitar kita. Jika dirasakan kurangnya jumlah tempat sampah, seharusnya kita bisa  mengaspirasikan suara kita kepada pihak kampus. Kita telah menjadi siswa selama 12 tahun, sedangkan kita sebagai mahasiswa yang tingkatannya di atas siswa seharusnya tidak menjadi sumber daya manusia yang acuh terhadap permasalahan yang terjadi di sekitar. Jika masalah yang ada di sekitar saja tidak bisa terselesaikan, bagaimana dengan permasalahan yang ada di tingkat nasional? Jadi, apakah kalian akan diam saja, wahai mahasiswa?

Biodata Singkat Penulis

Nama               : Ahlan Firdaus

Pekerjaan         : Mahasiswa Teknik Lingkungan ITERA 2018

E-mail              : ahlanfirdaus10@gmail.com

Organisasi       : UKM Urotera (Unit Robotika ITERA) dan ICC (ITERA Chess Club)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2020 . All Rights Reserved. | Catch Vogue by Catch Themes