Site Overlay

Kunjungan Industri ke PT Semen Baturaja

Dosen beserta mahasiswa Teknik Lingkungan 2017 melakukan kunjungan industri ke PT Semen Baturaja Unit Panjang, Bandar Lampung. Kunjungan dibagi menjadi dua hari, yaitu pada tanggal 5 dan 6 November 2019.

PT Semen Baturaja, yang diwakili oleh Bapak Heri Nofrianto mengucapkan selamat datang dan menyambut dengan baik kunjungan dari Prodi Teknik Lingkungan ITERA. Hal serupa juga disampaikan oleh Bapak Andika Munandar, selaku perwakilan dosen pada kata sambutannya. Beliau menyampaikan rasa terima kasih karena telah menerima kunjungan industri kali ini.

Pengenalan industri dimulai dengan menampilkan video mengenai standar safety atau keamanan yang dilakukan di PT Semen Baturaja. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan profil perusahaan oleh Eka Rostanty selaku salah satu staff HRD. Beliau menjelaskan tentang sejarah perusahaan, visi dan misi, lokasi dan kapasitas pabrik serta profil dewan komisaris yang pernah menjabat mau pun yang masih menjabat di PT Semen Baturaja hingga saat ini.

Kemudian penjelasan dilanjutkan oleh Pak Adit mengenai proses produksi semen dust collector, yaitu alat yang digunakan untuk menangkap debu yang beterbangan akibat proses pengemasan semen. Secara sederhana, inlet atau tempat masuk alat ini dipasang pada bagian atas mesin pengemasan semen sehingga meminimalisir debu yang terbang ke udara.

Selain mengolah debu, PT Semen Baturaja juga mengolah sendiri limbah cair yang dihasilkan dari kegiatan sehari-hari (limbah domestik) karena pada unit ini proses produksi bersifat kering dan tidak menggunakan air sebagai bahan tambahan. Limbah cair diolah menggunakan IPAL yang terdiri dari bak sedimentasi.

Pada proses produksi dan pengemasan di unit ini, PT Semen Baturaja menghasilkan berbagai jenis limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) seperti kain majun, lampu bekas, oli bekas dan lain-lain. Limbah B3 ini tidak diolah sendiri, melainkan menggunakan jasa pihak ketiga untuk mengangkut dan mengolahnya.

Semoga ilmu yang didapatkan bermanfaat, dan kunjungan kali ini dapat menjadi langkah awal bagi mahasiswa untuk Kerja Praktik, Tugas Akhir, ataupun bekerja di PT Semen Baturaja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2020 . All Rights Reserved. | Catch Vogue by Catch Themes