Site Overlay

Edukasi Pilah dan Olah Sampah bersama KLASIKS

Sabtu, 12 Oktober 2019 dilaksanakan kegiatan KLASIKS (Kelas Asik Sains) ke-7 dengan tema “Yuk, Pilah dan Olah Sampah Kita” bersama Dosen dan Mahasiswa dari Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sumatera (ITERA), serta para Volunteer KLASIKS.

KLASIKS (Kelas Asik Sains) Rumah Belajar Aulia Rahman merupakan komunitas sosial yang digagas oleh Okky Fajar Tri Maryana, S.Si., M.Si, Dosen Program Studi Fisika Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Secara umum, kegiatan-kegiatan KLASIKS mengambil tema sains untuk meningkatkan kualitas kebersamaan anak dan orang tua.

Kegiatan KLASIKS 7 dimulai pukul 09.00 WIB, dipandu oleh Ibu Lia dan Pak Andika yang merupakan Dosen Teknik Lingkungan ITERA. Kegiatan pertama yaitu edukasi dan permainan pemilahan sampah yang disampaikan oleh Ibu Novi dan Ibu Sillak.

Kegiatan kedua yaitu pembuatan ecobrick yang dipandu oleh Pak Alam, Pak Alfian dan Ibu Yuni. Ecobrick merupakan salah satu bentuk pemanfaatan sampah plastik yang bisa digunakan kembali sebagai tempat duduk, hiasan, dan lainnya.

Rangkaian kegiatan terakhir yaitu pemanfaatan baju bekas menjadi tas. Pembuatan tas dari baju bekas ini dipandu oleh Ibu Mutia dan Pak Bambang. Pembuatan tas ini mengajarkan pada anak-anak untuk bisa memanfaatkan barang bekas yang masih bisa digunakan.

Harapannya pemanfaatan barang-barang bekas ini tidak hanya berhenti di kegiatan KLASIKS, tapi bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan KLASIKS ini akan terus berlanjut dengan tema-tema menarik lainnya. Untuk info lebih jelasnya dapat dilihat pada Instagram @klasiks_id

-admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2020 . All Rights Reserved. | Catch Vogue by Catch Themes