Site Overlay

Mahasiswa Teknik Lingkungan ITERA Juara ke-2 Lomba Daur Ulang Sampah di UIN Raden Intan Lampung

Mahasiswa Teknik Lingkungan juara ke-2 lomba Daur Ulang Sampah pada kegiatan Festival Lingkungan MAHARIPAL 2019 yang diadakan di UIN Raden Intan Lampung. Mahasiswa yang terlibat dalam  tim ada 10 orang yaitu Azura Purnama, Septiana Kusuma Dewi, Rahmah, Saptina Lilyana, Anggraini, Amida, Gita wulan, Karissa Rana, Nasrul putra dan Ainan Azka. Mereka membuat daur ulang dari sampah  plastik menjadi paving block. Untuk ide pembuatan mereka melihat dari daerah lain di Jawa Tengah yang sudah memproduksinya, lalu mereka ingin mencoba menerapkannya di Lampung.

Tujuan pendaur ulang sampah ini karena mereka melihat permasalahan sampah plastik yang terus menumpuk, dan  ingin mengolah sampah tersebut menjadi lebih bermanfaat. Sampah plastik yang dibutuhkan untuk membuat 1 paving block hampir 5 kg. Mereka menggunakan sampah plastik karena dalam cara pembuatan paving block ini sangat mudah, mereka hanya membakar sampah plastik tersebut lalu dicetak. Kelebihan produk ini adalah lebih kokoh dibandingkan paving block yang terbuat dari semen yang mudah retak dan lebih ringan.

Mereka menginginkan manfaat dari produk yang mereka buat dapat mengurangi penumpukan sampah dan bisa dijadikan suatu usaha di masyarakat, selain itu mereka berharap paving block ini bisa dipakai khususnya di ITERA. (Tyan Nufutomo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2020 . All Rights Reserved. | Catch Vogue by Catch Themes