Site Overlay

Program Pengabdian Masyarakat, Pengolahan Sampah Organik dan Anorganik Bersama IBU PKK Pemda Lapas Narkotika

Sabtu, 5 Mei 2018

Salah satu misi dari Program Studi Teknik Lingkungan ITERA adalah Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan aplikatif bidang rekayasa  dan pengelolaan lingkungan. Kegiatan pengabdian masyarakatyang diadakan pada tahun ini salah satunya adalah Pengolahan Sampah Organik dan Anorganik dengan melibatkan ibu-ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) di dearah PEMDA Lapas Narkotika. Tujuan kegiatan ini yaitu  membuka wawasan yang lebih luas tentang daur ulang sampah organik maupun anorganik.

pengmas 1

Dalam kegiatan ini kami membangun wawasan ibu-ibu PKK dalam mengolah sampah organik seperti  daun-daun kering, sampah sayur maupun buah-buah yang busuk menjadi pupuk kompos sederhana. Tidak hanya itu saja, masih banyak yang lainnya yaitu pengolahan sampah anorganik dari bahan-bahan tidak dipakai, seperti  botol, baju, air mineral gelas, tutup botol, kaleng, hanger (gantungan baju) dan msih banyak yang lainnya. Dari bahan-bahan tidak terpakai tersebut banyak yang dikreasikan  seperti, dari botol bekas yang awalnya tidak dapat dipaka dibuat menjadi tempat bunga sederhana atau bisa pot bunga. Selain itu botol air mineral gelas dan hanger (gantungan baju) bekas bisa di tingkatkan menjadi tempat gantungan kain jilbab atau kerudung dan dari baju tidak terpakai bisa menjadi goody bag yang sangat lucu. Dengan demikian, ibu PKK tidak harus membuang, membakar atau mengubur sampah-sampah tersebut.

pengmas 2

Tujuan dalam kegiatan ini diharapakan ibu-ibu PKK bisa mengajarkan kepada keluarganya untuk hidup sehat tanpa membuang sampah sembarang dan tidak boros, di karenakan tanpa kita membuang sampah tersebut kita bisa mengolahnya menjadi barang-barang yang berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2020 . All Rights Reserved. | Catch Vogue by Catch Themes